Ternyata Ada 6 Kekuatan Tersembunyi Dari Musik Gamelan



Ternyata Ada 6 Kekuatan Tersembunyi Dari Musik Gamelan

Musik gamelan merupakan salah satu dari 10 kebudayaan asli Indonesia dan sebelum masuknya budaya Hindu-Budha di Indonesia, hal ini disampaikan oleh seorang ahli purbakala yang bernama Dr. J.L. Prandes.
Musik gamelan digunakan untuk mengiringi pertunjukan seni tradisional Jawa dan Bali.

Dan ternyata musik gamelan  ini mempunyai 6 kekuatan tersebunyi, yaitu :

1.  Kreatifitas

Dengan bermain musik gamelan, suara musik ini akan menghasilkan "gelombang alfa" yang dapat merangsang sistem limbik jaringan "neutron otak".
Karena irama yang dihasilkan oleh gamelan hampir mirip dengan musik klasik, meskipun tidak sama persis.
Pernyataan ini  telah disampaikan oleh penulis buku "efek mozard"

2.  Kerjasama Tim

Dalam bermain musik gamelan, salah satu unsur yang terpenting adalah kerja sama tim dan kerjasama tim ini  sangat dibutuhkan sekali. Dari kerjasama tim ini diharapkan supaya dapat dihasilkan kerjasama yang baik dan rapi. Karena kita semua tahu bahwa dalam bermain musik gamelan, tentu saja tidak dapat dimainkan sendiri, melainkan harus dimainkan bersamaan dengan rapi dan teratur sehingga dapat dihasilkan irama musik gamelan yang sejuk.

3.  Keselarasan

Dalam bermain musik gamelan, masing-masing alat musik harus menghasilkan suara yang seimbang dan tidak boleh ada musik yang menonjol sehingga semua pemain adalah setara atau sama.

4.  Pengendalian Diri

Dalam bermain gamelan tidak boleh ada "emosi", karena dalam bermain musik gamelan dibutuhkan ketenangan. Ketenangan merupakan syarat mutlak bermain gamelan, supaya pemainnya tidak cenderung mempercepat tempo yang bisa merusak harmonisasi dari irama dari gamelan tersebut.

5.  Komunikasi

Dalam bermain musik gamelan supaya dapat menghasilkan irama yang rapi dan serasi maka sangat dibutuhkan komunikasi dari masing-masing anggota tim, supaya rasa pengertian dari sesama pemain dapat dibangun.

6.  Mempertajam Konsentrasi

Dalam bermain musik gamelan, membutuhkan konsentrasi penuh supaya dapat menghasilkan " roh" terhadap gending yang dimainkan. Sehingga dengan bermain musik gamelan kita akan terbiasa dalam melatih konsentrasi kita pada saat bermain gamelan.

Dapat dibaca artikel : Benarkan Bermain Musik Gamelan Dapat Melatih Karakter??

Sehingga kesimpulan yang dapat  diambil dengan bermain musik gamelan adalah bahwa tanpa disadari oleh kita, ternyata kita akan memperoleh manfaat seperti misalnya : dapat melatih diri kita untuk lebih KREATIF, DAPAT BEKERJA SAMA, MAMPU MENGENDALIKAN EMOSI, TIDAK SOMBONG KARENA SEMUA SETARA, PANDAI BERKOMUNIKASI,  DAN DAPAT BERKONSENTRASI.

Ingin membuktikan 6 kekuatan tersembunyi tersebut? Silahkan mencoba berlatih bermain musik gamelan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang TERNYATA ADA 6 KEKUATAN TERSEMBUNYI DARI MUSIK GAMELAN , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Dikutip dari Intisari Desember 2012).

0 komentar